Kebijakan DIkeluarkannya SE Langkah Antisipasi Pemerintah Hadapi Dampak Buruk Kabut Asap

By Braya News - Kamis, 5 Oktober 2023 | 12:00 WIB |
Dilihat : 281
Kali

PALANGKA RAYA –Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat telah mengeluarkan surat edaran, untuk mengurangi jam belajar siswa di sekolah, di tengah kondisi kabut asap di Kota Palangka Raya yang semakin parah dalam kualitas udara karena Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita mengatakan, dikeluarkannya Surat Edaran (SE) karena kabut asap semakin tebal. “Karena Kabut Asap semakin tebal, maka hal ini akan mengganggu aktivitas sekolah dan kesehatan peserta didik,” ungkap Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita, Kamis (05/10/2023) di Palangka Raya.
Harus disadari lanjut Ruselita, kondisi udara yang semakin buruk tentu sangat berdampak pada kesehatan masyarakat. Terutama anak sekolah dan para warga usia lanjut atau lansia. “Kebijakan mengeluarkan surat edaran tersebut sebagai langkah antisipasi pemerintah dalam menghadapi dampak buruk kabut asap bagi kesehatan,” ujarnya menambahkan.
Namun demikian lanjut srikandi DPRD Palangka Raya ini, di satu sisi adanya kebijakan untuk memangkas waktu belajar tersebut, tentu akan mempengaruhi pada perubahan pola pembelajaran. “Guna mengantisipasi hal tersebut, tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan setiap satuan pendidikan. Misalkan dengan lebih banyak memberi pekerjaan rumah atau tugas-tugas rumah. Cara itu setidaknya bisa membantu agar materi pelajaran tetap berjalan maksimal,” tuturnya.
Adanya kabut asap yang semakin tebal itu, Ruselita berharap, pihak sekolah bertanggung jawab penuh terhadap pengawasan anak-anak di sekolah. “Kepada orang tua untuk mengurangi aktivitas anak-anaknya di luar lingkungan rumah. Apabila beraktivitas di luar, maka wajib memakai masker,”Jelasnya.
Dengan semakin parahnya kondisi di Kota Palangka Raya, Dirinya mengimbau agar selalu memperhatikan pola hidup sehat, dengan makan makanan bergizi agar kondisi sehat ditengah cuaca yang semakin parah. (BS)

2329824a-44b2-49a5-84b1-6f582c1a9227 - Copy (2)
91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d
ads
ads
ads

Komentar

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 12, 2024

Libur Hari ke dua Idul Fitri, Tiga Objek Wisata Unggulan Barut Ramai dikunjungi warga

Muara Teweh – Tiga objek wisata unggulan di Kabupaten Barito…

Apr 10, 2024

Disbudparpora Barito Utara Himbau warga agar taat rambu-rambu saat berwisata

Muara Teweh – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten…

Apr 9, 2024

Puluhan Mobil Hias Ikuti Lomba Pawai Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Firti…

Apr 9, 2024

Pj Bupati Lepas Peserta Pawai Takbir Sambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara (Barut) Drs Muhlis…

Apr 9, 2024

Pj Bupati bersama Unsur FKPD Tinjau Kesiapan Pos Pengamanan Lebaran

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bersama…

Apr 9, 2024

Pj Bupati dan Pj Sekda Gelar Open House di Hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs Muhlis…