Sabtu, 24 September 2022

Pemuktahiran Data Penduduk Kunci Sukses Pemilu 2024 di Kotim

By Braya News - Jumat, 20 Mei 2022 | 06:15 WIB |
Post View : 167
Views

Foto – Anggota Komisi I DPRD Kotim, Cici Desliya

Sampit,- Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, (Kotim) Cici Desliya meminta agar pemerintah daerah melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar lebih gencar melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan, Kelurahan hingga Kepala Desa. Hal ini untuk membantu pemutakhiran data penduduk agar data yang dihasilkan benar-benar akurat dan tidak ada yang ketinggalan ketika sudah sampai hari ha pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Bahkan legislator PDI Perjuangan ini menyampaikan, pemutakhiran data penduduk dinilai sangat penting. Selain untuk mengetahui perkembangan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, data yang akurat juga sangat dibutuhkan oleh semua pihak ketika Pemilih Umum dan juga Pilkada serta Pileg serentak 2024 nanti dilaksanakan.

“Artinya data penduduk yang akurat bermanfaat untuk program-program pemerintah agar tepat sasaran itu yang pertama. Kedua, keakuratan data penduduk bisa menjadi tonggak suksesnya Pemilu yang akan datang, tepatnya 2024 nantinya, sebab itu adalah syarat mendapatkan hak politik saat pemilu,” ungkapnya, Jum’at 20 Mei 2022.

Bahkan legislator Dapil V ini menegaskan, dalam pemuktahiran data penduduk tentunya pihak instansi terkait tidak bisa bekerja sendiri, sehingga dia mendorong agar sistem jemput bola dimulai dari tingkat bawah yakni peran RT/RW hingga Kecamatan harus di maksimalkan.

“Bukan hanya peran kepala desa dan lurah hingga camat, tetapi peran RT/RW sebagai ujung tombak pemerintahan ditingkat desa juga sangat di butuhkan, karena merekalah yang bisa memastikan keakuratan data penduduk di wilayah kerjanya masing-masing,” Timpalnya.

Disisi lain di mendorong sinergitas semua pihak dalam menyiapkan segala sesuatunya untuk kepentingan dan kebutuhan Pemilu 2024 nanti harus benar-benar di prioritaskan. 

“Tanpa semua itu maka kendala-kendala akan muncul dan sulit di atasi, tetapi berbeda halnya kalau sinergitas diutamakan, jadi semua pihak dilibatkan, baik itu lembaga, ormas, dan bahkan tokoh-tokoh lainnya itu yang akan membuat aman dan terkendalinya daerah kedepan, apalagi kita ketahui tensi Politik ini tidak bisa di tebak,” tutupnya.(Rmo)

2329824a-44b2-49a5-84b1-6f582c1a9227 - Copy (2)
91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d
ads
ads
ads

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait

Berita Terbaru

Sep 24, 2022

Kadis Budparpora : Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para peserta

Muara Teweh – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga…

Sep 24, 2022

Agi Nadalsyah Apresiasi Bulan Bakti Diikuti Sembilan Kecamatan

Muara Teweh – Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) ke III…

Sep 24, 2022

Wabup Sugianto Panala Putra Buka Kemah Wisata BBKT III tingkat Barito Utara

Muara Teweh – Wakil Bupati Barito Utara (Wabup Barut) Sugianto…

Sep 21, 2022

Bupati Barut dan Bupati Mura Hadiri Upacara Hari Jadi ke 63 Kabupaten Barito Selatan

Buntok – Bupati Barito Utara (Barut), H Nadalsyah bersama dengan…

Sep 21, 2022

Pokja Bunda PAUD Barut Raih Juara I pada Lomba Paud Tergiat Kalteng

Muara Teweh – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten…

Sep 19, 2022

Perusahaan Diminta Berperan Tingkatkan SDM Masyarakat Melalui Beasiswa

MUARA TEWEH – Perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Barito…