Dewan ini Sebut Ada 22 Desa Alami Kekosongan BPD

By Braya News - Senin, 3 Juni 2024 | 06:31 WIB |
Dilihat : 415
Kali

KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Atinita menyampaikan, bahwa berdasarkan hasil kunjungan kerjanya ke dalam daerah mendapatkan laporan terkait 22 desa di dua kecamatan yakni kecamatan Seruyan Hulu dan Suling Tambun, yang saat ini sedang mengalami kekosongan jabatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kekosongan BPD tersebut terjadi karena masa jabatan BPD yang lama telah berakhir pada 9 April 2024, sehingga terhitung dari tanggal tersebut sampai sekarang ini, BPD di dua puluh dua desa dari dua kecamatan tersebut kosong jabatan.

“Kami baru melakukan kunjungan kerja dan mendapatkan laporan terkait BPD di dua kecamatan yaitu Seruyan Hulu dan Suling Tambun, untuk 22 desa di dua kecamatan tersebut saat ini kosong BPD nya,” katanya, di Kuala Pembuang, Senin (3/6).

Padahal menurut Atinita, dua puluh dua desa tersebut telah dilaksanakan pemilihan BPD pada bulan Februari 2024 lalu, namun hingga sekarang belum dilaksanakan pelantikan.

“Sebelumnya di 22 desa tersebut telah dilaksanakan pemilihan BPD, ada yang tanggal 6 Februari dan ada yang tanggal 7 Februari, sedangkan untuk BPD yang habis masa jabatannya 2023 diadakan perpanjangan terlepas dari undang-undang yang baru ini,” tuturnya.

Sehingga dengan demikian tambah politikus dari partai Golkar itu, dengan adanya kekosongan jabatan BPD di 22 desa tersebut. dirinya meminta kejelasan kepada pemerintah daerah, apakah masa jabatan BPD yang lama dilakukan perpanjangan sesuai dengan undang-undanga yang baru berlaku dan atau dilakukan pelantikan BPD yang baru.

“Karena hal ini sangat memalukan secara aturan, BPD ini sebenarnya tidak boleh kosong, hampir sama saja dengan DPRD ketika habis masa jabatan maka harus disambut dengan anggota yang baru dilantik,” pungkasnya.

Lebih lanjut disebutkannya 22 desa yang mengalami kekosongan jabatan BPD tersebut, untuk kecamatan Suling Tambung terdiri dari desa Tumbang Langkai, Rangkang Munduk, Tanjung Tukal, Tumbang Hentas, Tumbang Setoli, Tumbang Gugup, Tumbang Magin. Sementara itu dari kecamatan Seruyan Hulu terdiri dari desa Tusuk Belawan, Tumbang Kalam, Tumbang Bahan, Tumbang Kasai, Tumbang Setawai, Tumbang Taberau, Tanjung Paku, Tumbang Manjul, Tumbang Suei, Merandang, Mojang Baru, Sepundu Hantu, Tumbang Kubang, Tumbang Laku, Tumbang Sepan. (RED)

2329824a-44b2-49a5-84b1-6f582c1a9227 - Copy (2)
91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d
ads
ads
ads

Komentar

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 13, 2024

Pembangunan Jembatan Sei Intu Menggunakan APBD tahun 2023

Muara Teweh – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang…

Jul 13, 2024

Pj Bupati Muhlis Canangkan Program Karya Bhakti TNI Kodim 1013

Muara Teweh – Usai meresmikan Jembatan Sei Intu Desa Haragandang…

Jul 13, 2024

Dibangunnya Jembatan Sei Intu Membuka Keterisolasian Warga

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis meresmikan…

Jul 12, 2024

Pemkab dan DPRD Barut RDP terkait Pra APBD Tahun 2025

Muara Teweh – Pemerintah Barito Utara (Pemkab Barut) bersama DPRD…

Jul 11, 2024

Pj Bupati dan Dinas Terkait Konsultasi ke Ditjen Imigrasi, di Apresiasi Dewan Barut

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Utara…

Jul 11, 2024

Rapat Pembahasan Hasil Fasilitasi Raperda di Barito Utara, Hasilkan Dua Poin Penting

Muara Teweh – Rapat pembahasan terkait hasil fasilitasi Raperda tentang…