Revisi UU Pemilu, Perludem Sebut Sikap Sejumlah Parpol di DPR Tak Konsisten

By Braya News - Sabtu, 30 Januari 2021 | 06:40 WIB |
Dilihat : 153
Kali

Jakarta – Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menilai ada inkonsistensi sikap fraksi-fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat yang menyatakan menolak revisi UU Pemilu. Sebab, kata Titi, rencana revisi itu telah dibahas di Komisi II DPR hingga menghasilkan sebuah draf.

RUU Pemilu telah disepakati menjadi salah satu Program Legislasi Nasional 2021 saat rapat kerja Badan Legislasi dan pemerintah, meskipun belum ditetapkan dalam rapat paripurna. Titi mengingatkan, ketok palu di Baleg itu pun melibatkan semua fraksi.

“Tiba-tiba beberapa partai mengatakan tidak perlu revisi. Jadi ada kontradiksi dalam perjalanan sikap fraksi-fraksi terkait pembahasan RUU Pemilu ketika di awal sampai posisi hari ini,” kata Titi dalam diskusi “Perlukah Ubah UU Pemilu Sekarang?”, Sabtu, 30 Januari 2021.

Titi mengakui politik memang dinamis, tetapi bukan berarti inkonsisten. Menurut dia, dinamika tersebut tetap harus dalam kerangka komitmen untuk memperbaiki pemilu.

Titi pun menjelaskan mengapa UU Pemilu sebaiknya direvisi. Ia mengingatkan pengalaman Pemilu Serentak 2019 dengan segala imbas negatifnya. Mulai dari jatuhnya korban jiwa dari petugas penyelenggara akibat beban kerja terlalu berat, polarisasi yang ekstrem, dan distorsi dalam kehidupan sosial masyarakat.

Menurut Titi, pengalaman itu menunjukkan perlunya evaluasi terhadap beberapa hal. Seperti ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold), keserentakan pemilu, dan tata kelola administrasi pemilu. “Menjelang selesai proses Pemilu 2019 hampir semua evaluasinya seperti itu, harus ada perbaikan, harus ada evaluasi,” ujar dia.

Titi pun mengapresiasi upaya Komisi II DPR menggabungkan pengaturan pemilu dan pilkada dalam satu undang-undang. Ia mengatakan hal ini bagus demi menjawab kompleksitas dan inkonsistensi pengaturan pemilu dan pilkada selama ini.

 

SUMBER: https://nasional.tempo.co/read/1428020/revisi-uu-pemilu-perludem-sebut-sikap-sejumlah-parpol-di-dpr-tak-konsisten/full&view=ok

2329824a-44b2-49a5-84b1-6f582c1a9227 - Copy (2)
91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d
ads
ads
ads

Komentar

Berita Terkait

Berita Terbaru

Mar 23, 2024

Legislator Minta Warga Jaga Kamtibmas

Puruk Cahu – Wakil Ketua II DPRD Murung Raya (Mura),…

Mar 22, 2024

Kemenag Barut Siapkan 319 Paket untuk Festival Ramadhan

Muara Teweh – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara (Kemenag…

Mar 22, 2024

Kepala Basarnas Palangkaraya Audensi Bersama Pj Bupati Barito Utara

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis didampingi…

Mar 22, 2024

Harapkan Maksimal Potensi Terciptanya Usaha dan Lapangan Kerja bagi Warga

Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya agar dapat…

Mar 22, 2024

Ketua DPRD Murung Raya : Percepatan Digitalisasi Harus Dilakukan Hingga ke Pedesaan

Puruk Cahu – Ketua DPRD Murung Raya (Mura), Dr. Doni,…

Mar 22, 2024

Hindari Penipuan Digital Warga Perlu Pemahaman Literasi Digital dan Keuangan

Puruk Cahu – Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya…