DP3Adalduk KB Mura Rakor TPPS dan Monev Audit Kasus Stunting

By Braya News - Kamis, 6 Juni 2024 | 09:18 WIB |
Dilihat : 375
Kali

Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3ADalduk KB) Kabupaten Murung Raya melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan Monitoring Evaluasi (Monev) Hasil Audit Kasus Stunting Semester I 2024 di aula kantor TP-PPK Kabupaten Mura, Kamis (6/6/2024).

Asisten II Setda Kabupaten Mura, Ferry Hardi secara resmi membuka acara tersebut, hadir juga Tim Pakar Audit Stunting dr. Hanifah Arrozi S.Pa dan Ibu Febriana, Plt. Ketua DWP Kabupaten Mura, Elvira Rudie Roy, Kepala Dinkes Mura, Suwirman, anggota TPPS, serta Kepala Puskesmas se-Kabupaten Mura

“Kita boleh bersyukur dengan penurunan kasus stunting yang signifikan saat ini, namun yang terpenting adalah bagaimana merubah pola fikir dan pola hidup masyarakat ke arah yang lebih baik, lebih sadar akan gizi dan kesehatan,” kata Asisten II Setda Mura, Ferry Hardi.

Ia mengatakan, berkaca dari hasil studi banding kemarin di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, program penanganan kasus stunting yang patut kita terapkan diketahui, pertama TPPS di Kota Batam melakukan aksi dari tingkat Kota sampai tingkat Desa bahkan ke tingkat RT turut berjuang bersama-sama dalam pengentasan stunting.

“Kedua, melakukan pendataan dan seleksi masyarakat yang benar-benar membutuhkan intervensi gizi dan faktor penyebab stunting lainnya. Pendampingan melekat pada anak stunting dan beresiko, Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) yang berkelanjutan dan Monitoring dan Evaluasi yang terjadwal,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris DP3Adalduk KB Kabupaten Mura, Daniel Patandianan menyampaikan, terkait TPPS tingkat Kecamatan, Desa dihimbau agar benar-benar melaksanakan tugasnya, selalu berkoordinasi dan menyampaikan laporan pelaksanaan program percepatan penurunan stunting di setiap bulannya.

“Intervensi serentak atau dulu sering disebut Bulan Posyandu, Kabupaten Murung Raya akan mengadakan sosialisasi kegiatan pengukuran dan intervensi serentak yang diinisiasi oleh Pemerintah Pusat dan akan dilaksanakan pada 10 Juni 2024 ini,” kata Daniel. (ry)

2329824a-44b2-49a5-84b1-6f582c1a9227 - Copy (2)
91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d
ads
ads
ads

Komentar

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 23, 2024

Fraksi PPP Sampaikan Pendapat Akhir Terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 22, 2024

Beberapa Puskesmas di Seruyan Perlu Tambahan Tenaga Dokter

KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan,…

Jul 22, 2024

Sektor Wisata di Seruyan Masih Perlu Dikembangkan

KUALA PEMBUANG – Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo menilai…

Jul 22, 2024

Sambut Hari Jadi ke 74 Barut, Surya Pratama Gelar Yamaha Batara Fun Race 2024

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi…

Jul 22, 2024

Banyak Kemajuan Pembangunan yang telah diraih Pemkab Barut

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan…

Jul 22, 2024

Banyak Capaian yang Sudah Diraih Kabupaten Barito Utara Diusia ke 74 Tahun

Muara Teweh – Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran mengatakan…