Murung Raya Ikuti Lomba Besei Kambe FBIM 2024

By Braya News - Senin, 20 Mei 2024 | 09:34 WIB |
Dilihat : 390
Kali

Palangka Raya – Pada hari ketiga kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024. Tim Kontingen Kabupaten Murung Raya turut meriahkan perlombaan tradisional besei kambe yang diikuti dua tim terdiri dari tim putra Hadrin dan Atong sedangkan tim putri Elvi Yanti dan Ira Wati dengan Koordinator Akhmad Wilman Admaja dengan pelaksanaan perlombaan di bawah jembatan Kahayan, Kota Palangka Raya, Senin (20/5/2024).

Wilman, Tim MC Diskominfo SP Kabupaten Murung Raya mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi atas dilaksanakan lomba besei kambe ini, harapannya untuk tim dari Kabupaten Murung Raya kedepannya dapat memperoleh hasil yang lebih baik lagi.

Perlombaan Besei Kambe pada FBIM Tahun 2024 ini di ikuti oleh 14 peserta dari Kabupaten/Kota se-Kalteng yang masing-masing terbagi menjadi dua tim, yaitu tim putra dan tim putri.

Adapun pemenang untuk tim putra, Juara I diraih oleh kontingen asal Kabupaten Kapuas, Juara II Barito Utara, Juara III Seruyan dan Harapan I dari Kabupaten Murung Raya.

Sedangkan untuk tim putri, Juara I diraih oleh juara bertahan yaitu Kabupaten Barito Utara, Juara II Katingan, Juara III Kota Palangka Raya dan Harapan I dari Kabupaten Barito Selatan, untuk tim Putri Murung Raya Juara Harapan II.

Bese Kambe merupakan perlombaan mendayung saling berlawanan arah di dalam satu perahu, lomba ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan melestarikan olahraga tradisional masyarakat Kalteng yang berasal dari cerita rakyat turun temurun tentang mahluk halus yang mendayung saling berlawanan.

Yemina Yulita, Koordinator Lomba Besei Kambe yang juga Adytama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Disbudpar Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengatakan, bahwa perlombaan besei kambe ini bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan permainan tradisional ke masyarakat luas bahkan hingga ke mancanegara.

“Keunikan Besei Kambe inilah yang ingin kami tampilkan kepada banyak orang, khususnya kepada wisatawan asing yang sedang berkunjung ke Kalteng bertepatan juga dengan event UCI MTB di Kota Palangka Raya,” pungkas Yemina. (ry)

2329824a-44b2-49a5-84b1-6f582c1a9227 - Copy (2)
91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d
ads
ads
ads

Komentar

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 23, 2024

Fraksi PPP Sampaikan Pendapat Akhir Terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 22, 2024

Beberapa Puskesmas di Seruyan Perlu Tambahan Tenaga Dokter

KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan,…

Jul 22, 2024

Sektor Wisata di Seruyan Masih Perlu Dikembangkan

KUALA PEMBUANG – Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo menilai…

Jul 22, 2024

Sambut Hari Jadi ke 74 Barut, Surya Pratama Gelar Yamaha Batara Fun Race 2024

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi…

Jul 22, 2024

Banyak Kemajuan Pembangunan yang telah diraih Pemkab Barut

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan…

Jul 22, 2024

Banyak Capaian yang Sudah Diraih Kabupaten Barito Utara Diusia ke 74 Tahun

Muara Teweh – Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran mengatakan…