Penyelenggaraan FBIM Ragam Inovasi dan Kreasi Bagi Pelaku Seni dan Budaya

By Braya News - Sabtu, 18 Mei 2024 | 12:37 WIB |
Dilihat : 404
Kali

Palangka Raya – Pj Bupati Murung Raya, Hermon menyampaikan, Kabupaten Murung Raya (Mura) pada Festival Budaya Isen Mulang mengirim peserta sebanyak 164 orang dengan panitia berjumlah 34 orang, official dan koordinator 19 orang, perangkat daerah pendamping berjumlah 20 orang, sehingga total kontingen berjumlah 237 orang.

“Penyelenggaraan FBIM ini merupakan ajang kreativitas yang menghadirkan ragam inovasi dan kreasi bagi para pelaku seni dan budaya dalam mengekspresikan karya-karya seni daerah yang menggabungkan unsur tradisional, kearifan lokal dan seni modern yang ada di Kalimantan Tengah,” kata Hermon saat menghadiri pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang didampingi Pj Sekda Mura Rudie Roy, Sabtu (18/5/2024).

Sementara itu, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran secara resmi membuka Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara 2024 di Halaman Gor Indoor Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan, saat ini Provinsi Kalteng terus bergerak dan melakukan perubahan, berinovasi serta kreatif, bukan hanya sebagai seremoni, tetapi juga menjadi kekuatan pariwisata daerah, nasional, bahkan mancanegara.

Selanjutnya, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kurleni Ukar mengatakan, FBIM tahun ini terpilih masuk dalam karisma event Nusantara.

“FBIM 2024 diharapkan dapat membantu mendongkrak kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, khususnya ke Kalimantan Tengah sebagai salah destinasi wisata unggulan yang sudah terkenal di mancanegara,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Kalteng, Adiah Chandra Sari menyampaikan, dalam laporannya, kegiatan FBIM ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kalteng ke-67 dan sebagai upaya melestarikan nilai-nilai tradisi seni dan budaya Kalteng.

“Kegiatan ini menjadi sarana yang baik untuk memperkenalkan potensi dan keunggulan pariwisata yang ada di Kalimantan Tengah dan juga mampu menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai seni, tradisi dan budaya yang ada di Kalimantan Tengah,” imbuhnya.

Nampak hadir Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo dan istri Nunu Andriani, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak, Sekda Provinsi Kalteng H Nuryakin dan istri Hj Anitha Nuryakin.

Kemudian juga hadir Bupati/Pj Bupati dan Pj Wali Kota se-Kalteng, Ketua DPRD Kabupaten/Kota atau yang mewakili, Staf Ahli Gubernur dan Asisten Setda, unsur Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng. Hadir pula Deputi I Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP Kemendagri Robert Simbolon beserta rombongan.(ry)

2329824a-44b2-49a5-84b1-6f582c1a9227 - Copy (2)
91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d
ads
ads
ads

Komentar

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 23, 2024

Fraksi PPP Sampaikan Pendapat Akhir Terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 22, 2024

Beberapa Puskesmas di Seruyan Perlu Tambahan Tenaga Dokter

KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan,…

Jul 22, 2024

Sektor Wisata di Seruyan Masih Perlu Dikembangkan

KUALA PEMBUANG – Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo menilai…

Jul 22, 2024

Sambut Hari Jadi ke 74 Barut, Surya Pratama Gelar Yamaha Batara Fun Race 2024

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi…

Jul 22, 2024

Banyak Kemajuan Pembangunan yang telah diraih Pemkab Barut

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan…

Jul 22, 2024

Banyak Capaian yang Sudah Diraih Kabupaten Barito Utara Diusia ke 74 Tahun

Muara Teweh – Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran mengatakan…