Poltekkes Palangka Raya Gelar FGD di Murung Raya

By Braya News - Jumat, 21 Juni 2024 | 10:35 WIB |
Dilihat : 394
Kali

Puruk Cahu – Poltekkes Palangka Raya Gelar Focus Group Discusion (FGD) dalam rangka kajian faktor sosial – ekonomi dan demografi serta dukungan Pemerintah Daerah pada keluarga dengan balita stunting di Kabupaten Murung Raya (Mura) yang dilaksanakan di aula A Kantor Bupati Mura, Jumat (21/6/2024).

Hadir dalam kesempatan ini Asisten II Setda Kab.Mura Sekaligus Wakil Ketua TPPS Kabupaten Mura, Ferry Hardi membuka acara tersebut, hadir juga dalam acara Tim Pakar dan Peneliti dari Poltekkes Palangka Raya, Nila Susanti, SKM, MPH dan Dhini M.Kes, Yena Wineini Migang, MPH, Sugianto, S.Gz, M.Pd, Vilony Natalia Nayar, S.Tr Gz dan Sekretaris Dinkes Mura, Sekretaris DP3AdaldukKB serta Perwakilan setiap Perangkat Daerah terkait Mura.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya mengucapkan terima kasih kepada tim peneliti dari Poltekkes Palangka Raya,” kata Asisten II Setda Kab.Mura, Ferry Hardi.

Dikatakannya, Inflasi harga kebutuhan pokok yang tinggi di daerah terpencil juga sangat berpengaruh terhadap stunting.

Ia berharap, kajian ini dapat memberikan gambaran apa saja hal-hal yang selama ini terlewatkan dan belum optimal dilaksanakan sehingga menjadi bahan masukan untuk kebijakan lebih lanjut.

Selaku narasumber Nila Susanti, SKM, MPH menyampaikan dalam sambutannya “Stunting merupakan masalah kesiapan yang komplek dan memerlukan pendekatan yang komprehensif dari berbagai aspek termasuk faktor sosial – ekonomi dan demografi serta dukungan Pemerintah,”tambahnya.

“Memalui diskusi ini diharapkan dapat tercipta pemahaman, yang lebih baik tentang permasalahan stunting serta upaya-upaya yang dapat direkomendasikan dan solusi yang bermanfaat bagi Pemerintah Daerah daerah dalam melakukan intervensi percepatan penurunan stunting,” ucapnya.

Diakhir kegiatan diskusi tim pakar dan peneliti meminta masing-masing Perangkat Daerah dan Pihak terkait TPPS untuk percepatan pencegahan stunting di desa melalui konvergensi memenuhi 7 Paket layanan mencakup kesehatan ibu dan anak, konseling gizi, air bersih dan sanitasi, perlindungan sosial, pendidikan anak usia dini, pengasuhan anak. (Ry)

2329824a-44b2-49a5-84b1-6f582c1a9227 - Copy (2)
91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d
ads
ads
ads

Komentar

Berita Terkait

Berita Terbaru

Jul 23, 2024

Fraksi PPP Sampaikan Pendapat Akhir Terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

Muara Teweh – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kabupaten…

Jul 22, 2024

Beberapa Puskesmas di Seruyan Perlu Tambahan Tenaga Dokter

KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan,…

Jul 22, 2024

Sektor Wisata di Seruyan Masih Perlu Dikembangkan

KUALA PEMBUANG – Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo menilai…

Jul 22, 2024

Sambut Hari Jadi ke 74 Barut, Surya Pratama Gelar Yamaha Batara Fun Race 2024

Muara Teweh – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Jadi…

Jul 22, 2024

Banyak Kemajuan Pembangunan yang telah diraih Pemkab Barut

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan…

Jul 22, 2024

Banyak Capaian yang Sudah Diraih Kabupaten Barito Utara Diusia ke 74 Tahun

Muara Teweh – Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran mengatakan…