Kemajemukan Suku dan Agama Dapat Hidup Rukun Damai di Barito Utara

By Braya News - Selasa, 16 November 2021 | 06:28 WIB |
Dilihat : 202
Kali

BRAYANEWS | MUARA TEWEH– Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah mengatakan masyarakat di Kabupaten Barito Utara dengan kemajemukan suku dan agama dapat hidup rukun damai saling menghormati satu sama lain.

Hal tersebut dikatakan bupati Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Muhlis pada pembukaan pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan dialog kerukunan umat beragama di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Selasa (16/11).

“Peran FKUB sangatlah besar sebagai garda terdepan dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama tentulah harus siap menghadapi tantangan yang tak bisa dihindari, identifikasi kekuatan atau kelemahan internal dan eksternal harus segera dilakukan,” kata Sekda Muhlis.

Demikian halnya kata Sekda strategi yang perlu dipersiapkan dan segera harus di buat. Koordinasi dan konsulidasi antar lembaga dan pengurus FKUB merupakan hal yang utama dan perlu dilakukan.

Dikatakannya, arah kebijakan dan strategis nasional untuk meningkatkan kerukunan umat beragama yaitu melaksanakan dialog antar umat beragama untuk memperoleh pemahaman tentang agama yang berwawasan multi kultur.

Selain itu juga kata Muhlis membentuk dan memberdayakan FKUB di Provinsi dan Kabupaten/Kota, peningkatan kerjasama dan kemitraan antara pemerintah, pemerintah daerah, tokoh agama, lembaga sosial keagamaan dan kemasyarakatan dalam pencegahan dan penanggulangan komflik, serta penguatan peraturan perundang-undangan mengenai kerukunan umat beragama.

“Untuk itu saya menghimbau kepada kita semua dan masyarakat Kabupaten Barito Utara pada khususnya, mari kita bergandengan tangan dan selalu bekerjasama dalam memelihara dan menjaga kerukunan umat beragama dengan sebaik-baiknya demi keamanan, ketentraman dan ketertiban kita bersama,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut di ikuti 25 peserta yang terdiri dari pengurus FKUB Barito Utara sebanyak 17 orang, penyuluh Agama Negeri (Islam dan Kristen) sebanyak 4 (empat) orang serta Guru Agama ( Islam, Kristen, Katolik dan Hindu) sebanyak 4 (empat) orang.

Dan juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Prpvinsi Kalimantan Tengah DR H Noor Fahmi MM, Kepala Kemeneng Barito Utara H Muhammad Yusi Abdhian, Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh, unsur FKPD, Ketua FKUB Barito Utara, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.(Red)

2329824a-44b2-49a5-84b1-6f582c1a9227 - Copy (2)
91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d
ads
ads
ads

Komentar

Berita Terkait

Berita Terbaru

Apr 18, 2024

38 Finalis Duta Pariwisata Ikuti Glady Resik

Muara Teweh – Setelah melalui seleksi yang cukup ketat dan…

Apr 18, 2024

Dinas NakertransKop UKM Buka Pemagangan Dalam Negeri tahun 2024

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui…

Apr 17, 2024

Pemkab Barito Utara Berikan Perhatian Serius Terhadap Inflasi Pangan

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis menyampaikan…

Apr 17, 2024

Dinas Damkar dan Penyelamatan Sudah 105 Tahun Pengabdiannya di Tengah Masyarakat

Muara Teweh – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Barito…

Apr 17, 2024

Pemkab Barito Utara Apel Gabungan sekaligus Halal Bi Halal Idul Fitri 1445 Hijriah

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) setiap…

Apr 17, 2024

Pj Bupati Barito Utara Hadiri Halal Bihalal di Dinas PUPR

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis menghadiri…